PENGARUH MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNINGPADA KELAS VIITERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA

  • Eti Herawati SMP N UNGGULAN
  • Imas SMP N UNGGULAN
  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra
Keywords: Motivasi, Project Based Learning, Komunikasi Matematik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh motivasi siswa pada pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Data motivasi belajar siswa didapat dari angket yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) karena model pembelajaran ini sangat cocok digunakan dalam materi Statistika. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan pendekatan kepada beberapa guru dan teman sejawat di kabupaten Indramayu. Hasil pendekatan tersebut adalah (1)hasil belajar siswa masih belum maksimal, hanya ada beberapa siswa saja yang menguasai materi statistika, (2)siswa masih kesulitan mentransformasi soal cerita ke dalam model matematika, (3)perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa supaya dapat menarik siswa untuk belajar dan berkonsentrasi pada materi statistika. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Indramayu tahun ajaran 2016/2017 pada semester genap.  Pemilihan sampel dilakukan dengan sistemcluster random sampling dan terpilih VII Adan kelas VII C. Setelah diundi, terpilih kelas VII A sebagai kelas kontrol (siswa dengan pembelajaran yang biasa dilakukan) dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen (siswa dengan pembelajaran model PjBL).Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, karena peneliti hanya ingin menguji pengaruh motivasi terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh motivasi siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, yaitu sebesar 10,1 %. Dengan kata lain, masih ada banyak hal yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematik siswa.

 

Published
2018-09-03