MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MELALUITEKNIK REWARDDI KELASI SD INPRES CII SINDE KABOR

  • Anastasia Lebi Guru di SD Inpres CII Sinde Kabor, Sikka, Nusa Tenggara Timur
Keywords: motivasi, pembelajaran tematik, teknik reward

Abstract

Tujuan penelitia nini adalah meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran tematik integratif melalui teknik reward pada Siswa KelasIdi SD Inpres CII Sinde Kabor. Penelitian inimenggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).   Pola   pelaksanaan  Penelitian  Tindakan  Kelas   ini  dilakukan   dengan melakukan pola kolaboratif. Pada pola ini biasanya inisiatif untuk melakukan PTK bukan dari guru, melainkan dari pihk luar yang berkeinginan memecahkan  masalah pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas I SD Inpres CII Sinde Kabor yang telah peneliti laksanakan dalam dua siklus, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan Teknik Reward tergolong dalam kategori sangat baik dan mampu memicu keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setelah digunakan Teknik Reward. Hasil belajar siswa meningkat karena siswa sangat antusias dan berpartisipasi aktif dengan model pembelajaran tersebut.

Published
2018-09-03