EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)BERBANTUANKARTU KUARTETUNTUKMENINGKATKANKEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TURUNAN FUNGSI

  • Farid Gunadi Universitas Wiralodra
  • Evi Munardiani SMA Negeri 1 Sindang Indramayu
  • Iik Ikromiah Universitas Wiralodra
Keywords: model pembelajarankooperatif tipe STAD, kartu kuartet, keaktifan, hasil belajar turunan fungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbantuan media kartu kuartet untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sindang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI – 5 MIPA yang berjumlah 40 siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata pada siklus I 44,7%, siklus II 71,1%, dan siklus III 89,5%. Hasil uji efektivitas yang diperoleh pada siklus I to<t(0,05, 38) tidak efektif, tetapi pada siklus II dan siklus III to> t(0,05, 38) efektif. Sedangkan hasil pengolahan data keaktifan yang diperoleh mengalai peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata siklus I 60%, siklus II 82%, dan siklus III 92%.

 

Published
2018-09-03