Perbandingan Penguasaan Materi Virus antara Siswa yang Diajarkan Menggunakan Media Power Point dengan Compact Disc Interactive Berdasarkan Kemampuan Awai di Kelas X MA Negeri lndramayu
Keywords:
Penguasaan Materi, Power Point, Compact Disc interactive, Tingkat Kemampuan AwaiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu i: ( 1) ada tidaknya perbedaan penguasaan materi virus berdasarkan media pembelajaran; (2) ada tidaknya perbedaan perbedaan penguasaan materi siswa berdasarkan tingkat kemampuan awal; (3) ada tidaknya perbedaan perbedaan penguasaan materi siswa berdasarakan interaksi antara media pembelajaran dengan tingkat kemampuan awal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah disain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Negeri lndramayu. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas dan menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas X- 4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X - 1 sebagai kelas eksperimen II. Sebelumnya kedua kelas diberi tes kemampuan awal terlebih dahulu dan setelah kedua kelas diberi perlakuan, kemudian diberikan tes akhir yaitu tes penguasaan materi virus. Dari hasil tes yang diperoleh dilakukan analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalan dilanjutkan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan rata-rata penguasaan materi siswa antara media pembelajaran; (2) terdapat perbedaan rata-rata penguasaan materi antara siswa berdasarkan tingkat kemampuan awal; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan tingkat kemampuan awal. Saran yang dapat penulis sampaikan setelah melakukan penelitian ini adalah: (1) dalam menghadapi kelas yang heterogen dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda, guru dapat menerapkan multimedia dalam pembelajarannya; (2) Media pembelajaran Compact Dist Interactive dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.