Perbandingan Penguasaan Materi Virus antara Siswa yang Diajarkan Menggunakan Media Power Point dengan Compact Disc Interactive Berdasarkan Kemampuan Awai di Kelas X MA Negeri lndramayu

Authors

  • Jdah Hamidah Universitas Wiralodra

Keywords:

Penguasaan Materi, Power Point, Compact Disc interactive, Tingkat Kemampuan Awai

Abstract

Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah untuk   mengetahu i:   ( 1)   ada  tidaknya perbedaan penguasaan    materi   virus    berdasarkan    media    pembelajaran;    (2)   ada tidaknya  perbedaan perbedaan penguasaan materi siswa berdasarkan tingkat kemampuan awal; (3) ada tidaknya perbedaan perbedaan penguasaan materi siswa berdasarakan  interaksi antara media pembelajaran dengan  tingkat kemampuan   awal.   Penelitian   ini  merupakan  penelitian   eksperimen   dengan menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah disain faktorial. Populasi dalam penelitian  ini adalah  seluruh  siswa kelas  X  MA  Negeri  lndramayu. Sampel  penelitian  diambil sebanyak dua kelas dan menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas X- 4 sebagai kelas eksperimen  I  dan kelas X - 1    sebagai kelas eksperimen  II. Sebelumnya kedua kelas diberi tes kemampuan  awal  terlebih dahulu   dan   setelah  kedua   kelas  diberi   perlakuan,   kemudian diberikan   tes   akhir yaitu tes penguasaan  materi virus.  Dari hasil tes yang diperoleh  dilakukan analisis data yang digunakan  adalah  uji  anava dua jalan dilanjutkan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan  hasil   analisis  data,  diperoleh   kesimpulan   sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan rata-rata  penguasaan  materi siswa  antara media pembelajaran;  (2) terdapat  perbedaan  rata-rata penguasaan materi antara siswa berdasarkan tingkat kemampuan awal; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan tingkat kemampuan  awal. Saran yang dapat  penulis sampaikan  setelah melakukan  penelitian  ini adalah:  (1) dalam menghadapi kelas yang heterogen dengan  tingkat  kemampuan  yang  berbeda-beda,  guru dapat  menerapkan     multimedia     dalam pembelajarannya;   (2)   Media   pembelajaran Compact Dist Interactive dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan  pembelajaran di kelas.

Downloads

Published

2016-09-01