Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa Kela VII SMP Negeri 1 lndramayu pada Materi Sistem Gerak pada Manusia

Authors

  • NurSubkhi Universitas Wiralodra

Keywords:

Hasil Belajar Biologi, Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Sistem Gerak Pada Manusia

Abstract

Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  gambaran   hasil  belajar siswa yang pembelajarannya  menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition   (CIRC),    dan  untuk  mengetahui  pengaruh   penggunaan      model     pembelajaran Cooperative  Integrated  Reading   and Composition  (CIRC) terhadap hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian  ini adalah  seluruh siswa SMP  Negeri  1      lndramayu  kelas VIII  yang terbagi  menjadi sembilan kelas. Sedangkan sampelnya mengambil dua kelas dari sembilan  kelas yang  ada  dengan teknik  cluster  random sampling,  dimana  kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative  Integrated Reading   and  Composition  (CIRC)  dan  kelas  kontrol pembelajarannya menggunakan  model pembelajaran Konvensional.   lnstrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda.  Berdasarkan  hasil analisis, diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen adalah  13, 1    dan rata-rata skor kelas kontrol adalah 9,96. Kemudian untuk melihat perbedaan  hasil belajar  bologi  siswa  menaggunakan  uji  t diperoleh  thitunv=  2,51  dan  dari t1abe1 diperoleh tico.o9s:m =

1,703  dengan  taraf signifikasi  a=0,05  dan dk27.  Karena thitung> t1abel, maka  HO ditolak. Artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition  (CIRC) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1    lndramayu pada materi system gerak pada manusia.

Downloads

Published

2016-09-01