Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa Kela VII SMP Negeri 1 lndramayu pada Materi Sistem Gerak pada Manusia
Keywords:
Hasil Belajar Biologi, Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Sistem Gerak Pada ManusiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 lndramayu kelas VIII yang terbagi menjadi sembilan kelas. Sedangkan sampelnya mengambil dua kelas dari sembilan kelas yang ada dengan teknik cluster random sampling, dimana kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Konvensional. lnstrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen adalah 13, 1 dan rata-rata skor kelas kontrol adalah 9,96. Kemudian untuk melihat perbedaan hasil belajar bologi siswa menaggunakan uji t diperoleh thitunv= 2,51 dan dari t1abe1 diperoleh tico.o9s:m =
1,703 dengan taraf signifikasi a=0,05 dan dk- 27. Karena thitung> t1abel, maka HO ditolak. Artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 lndramayu pada materi system gerak pada manusia.