Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Rosyadi Universitas Wiralodra

Keywords:

Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT), ekspositori, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Heads  Together  (NHT)  untuk mencapai  ketuntasan  hasil belajar matematika siswa; (2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ekspositori untuk mencapai ketuntasan hasil belajar matematika siswa; (3) Untuk mengetahui  manakah hasil belajar matematika yang lebih baik antara yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type  Numbered  Heads   Together  (NHT)   dengan   yang menggunakan   model   pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh hasil belajar matematika siswa kelas VIII di  SMP Negeri  I   Balongan  yang berjumlah  323  siswa.  Sampel diambil  dengan  teknik cluster random sampling.  Kemudian  diperoleh  kelas  VIII  A sebagai  kelas eksperimen  (menggunakan model pembelajaran  Cooperative Leaming  Type Numbered Heads Together (NHn) sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol (menggunakan  model pembelajaran ekspositori). Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai tes akhir untuk kelas eksperimen  73,08 dan rata-rata kelas kontrol 66,83.  Berdasarkan  uji hipotesis  One Sample t-test dengan taraf signifikan 0,05 (I) Kelas  eksperimen,  dengan  model  pembelajaran  Cooperative Leaming   Type Numbered Heads Together (NHT) efektif untuk mencapai ketuntasan  hasil belajar matematika siswa; sedangkan (2) Ke las kontrol, model pembelajaran ekspositori tidak efektif untuk mencapai ketuntasan has ii belajar matematika  siswa;  (3)  hasil  belajar  matematika  siswa  yang menggunakan  model pembelajaran Cooperative Leaming  Type Numbered Heads  Together (NHT)  lebih baik daripada  yang menggunakan model pembelajaran ekspositori

Downloads

Published

2016-09-01