Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Siswa
Keywords:
Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT), ekspositori, hasil belajar matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT) untuk mencapai ketuntasan hasil belajar matematika siswa; (2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ekspositori untuk mencapai ketuntasan hasil belajar matematika siswa; (3) Untuk mengetahui manakah hasil belajar matematika yang lebih baik antara yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri I Balongan yang berjumlah 323 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Cooperative Leaming Type Numbered Heads Together (NHn) sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran ekspositori). Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai tes akhir untuk kelas eksperimen 73,08 dan rata-rata kelas kontrol 66,83. Berdasarkan uji hipotesis One Sample t-test dengan taraf signifikan 0,05 (I) Kelas eksperimen, dengan model pembelajaran Cooperative Leaming Type Numbered Heads Together (NHT) efektif untuk mencapai ketuntasan hasil belajar matematika siswa; sedangkan (2) Ke las kontrol, model pembelajaran ekspositori tidak efektif untuk mencapai ketuntasan has ii belajar matematika siswa; (3) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Leaming Type Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran ekspositori